Apa Arti Rng Di Dalam Game Slot

Apa Arti Rng Di Dalam Game Slot

RNG di Counter-Strike

FPS macam Counter-Strike: Global Offensive bahkan bisa memanfaatkan sistem RNG untuk pola atau arah peluru keluar. Tembakan pertamamu akan berada di tengah crosshair, tapi tembakan kedua, ketiga, dan seterusnya umumnya akan menjauh. Tergantung dari jenis senjata maka pergerakan peluru pun juga berbeda-beda. AK-47 dan M249 yang ber-damage besar biasanya condong menendang ke atas sementara MP7 yang memiliki damage lebih kecil atau SCAR-20 dan G3SG1 sebagai sniper beramunisi kecil yang tidak sedahsyat AWP pola tembakannya lebih akurat.

Meski begitu pola tembakan tidak hanya dipengaruhi dari jenis senjata dan RNG yang menentukan posisi spesifik peluru saja. Kekuatan recoil/hentakan senjata dan kondisi karaktermu (apakah sedang bergerak atau diam), juga akan memengaruhi gerakan peluru. Karena RNG dipakai Valve dalam menyeimbangkan kegunaan masing-masing senapan serta upaya meniru cara kerja senjata asli, biasanya dengan melatih kendali recoil dan menghafal pola peluru, efek RNG bisa diminimalisir.

Situs Smogon menjabarkan cara kerja RNG untuk Pokemon Emerald, generasi IV, dan V dengan sangat detail. Untuk contohnya coba kita lihat Emerald.

Tiap kali kamu menyalakan Pokemon Emerald, gim akan memilih angka 0 sebagai seed-nya. Namun untuk menutupi sistem RNG jadi bisa diprediksi, Emerald kemudian mengeluarkan angka acak sebanyak 60 kali tiap detiknya. Angka-angka ini disebut sebagai frame. Tiap-tiap frame ini kemudian menentukan kejadian dalam gim apa yang akan terjadi. Misal, arah NPC berputar, kapan Pokemon yang Frozen berhenti membeku, Nature dan distribusi IV Pokemon liar, atau jika di frame 4.000 gim memunculkan Pokemon Shiny, maka kamu bisa mematikan dan menyalakan kembali gim, mencapai frame ke-4.000 lagi, pasti kamu akan mendapatkan Pokemon Shiny lagi. Kurang-lebih sederhananya begitu.

Karena gacha merupakan sistem monetisasi yang mengandalkan pemberian item secara acak seperti booster pack kartu, tentunya mereka bisa jadi contoh kasus juga. Kali ini kita bisa melihat sistem pity pull di Genshin Impact. Sesuai namanya, gim-gim gacha biasa suka memberikan “hadiah belas kasihan” buat kamu yang terus-terusan menarik gacha ampas.

Di Genshin Impact sendiri peluang untuk mendapatkan karakter atau senjata 4★ ke atas melalui banner gacha reguler adalah sebagai berikut:

Namun jika kamu 9 kali menarik gacha masih belum dapat 4★, maka di tarikan ke-10 kamu akan diberi hadiah karakter atau senjata 4★. Sementara untuk hadiah 5★ perlu 90 kali tarikan. Kalau kamu sudah dapat 4★ sebelum tarikan ke-10 maka peluang akan diulang kembali.

Bagaimana Pseudo-RNG Diterapkan dalam Gim?

Penerapan sistem (pseudo-)RNG dalam gim sangatlah luas dan memiliki banyak variasi. Mari kita intip beberapa contoh kasus yang paling tenar.

Mungkinkah Kita Mengakali Sistem RNG?

Jawabannya iya dan tidak. Jika gim yang kamu mainkan merupakan gim offline dan banyak pemain berdedikasi, maka kemungkinan besar seseorang/grup tertentu akan menemukan cara untuk mempelajari dan memanipulasi (juga meretas) sistem RNG yang ada — seperti yang terjadi pada Pokemon atau Monster Hunter di atas. Bahkan pada bulan April 2021, Monster Hunter Rise sempat mengalami glitch yang membuatnya jadi mirip mekanisme 3 Ultimate dan dalam hitungan minggu para penggemar sudah berhasil mengalkulasi sebagian drop table-nya sebelum diperbaiki lewat Title Update 3.0 pada 24 Juni. Sementara itu, untuk gim online (terutama gim HP) akan lebih sulit karena: pertama, database dan mekanisme RNG dikalkulasikan dari server; dan kedua, developer bisa saja sewaktu-waktu mengubah sistem drop rate mereka.

Salah satu teknik yang paling bisa diandalkan untuk mengakali RNG (jika kita tidak mampu mengoprek data gimnya) adalah dengan teknik save scum, alias save sebelum melakukan sesuatu lalu load data jika hasilnya tidak sesuai harapan. Akan tetapi beberapa judul punya cara untuk mencegah atau membatasi dampaknya. XCOM misalnya, dia mengalkulasi algoritma akurasi prajurit maupun pergerakan musuh tiap kali giliran baru dimulai. Artinya, jika ingin mendapatkan hasil RNG yang berbeda dari save scum, kamu harus melakukan hal yang berbeda pula. Misal, kamu save data lalu menggerakkan Pvt. Jenkins sebanyak empat kotak dan menembak Thin Man tapi ternyata meleset. Kalau kamu me-load data barusan dan melakukan hal yang sama maka hasilnya pasti akan sama. Sistem reroll akun yang kerap dilakukan pemain gacha juga bisa dibilang sama dengan save scum, hanya saja reset datanya dari nol.

Terkadang gim yang tampaknya tidak memerlukan RNG seperti platformer sejenis Super Mario 64 bahkan menggunakannya untuk menentukan arah koin yang keluar dari musuh, arah Goomba berjalan, posisi mereka spawn, dan lain-lain. YouTuber dan speedrunner pannenkoek menjelaskan bagaimana cara kerja serta memanipulasi sistem dalam gim tersebut dengan amat mendetail di video di atas.

Tapi kalau kamu bertanya soal mitos yang sering dipercayai (baik serius maupun bercanda) oleh pemain gacha, macam menarik gacha di jam atau lokasi tertentu, seperti yang sudah saya singgung di atas; di sini kita berinteraksi dengan mesin yang hanya tahu biner 0 dan 1. Kepercayaan klenik tidak akan membantumu mendapat gacha bagus dan sama bermanfaatnya seperti menekan A terus-menerus saat melempar PokeBall. Paling banter mereka punya mekanisme tersembunyi yang akhirnya menjadi rahasia umum untuk mempermudah hidup pemain kere atau gratisan seperti pity pull.

Terjadi kesalahan. Tunggu sebentar dan coba lagi.

RNG di Ragnarok Online

Contoh pertama yang tidak begitu rumit bisa kita lihat di Ragnarok Online. Menurut halaman wiki Ragnarok.fandom.com, begini cara gim online tersebut menghitung peluang kita menghasilkan serangan Critical:

RNG di Monster Hunter

Salah satu contoh (yang lumayan menyebalkan) lainnya adalah di Monster Hunter 3 Ultimate. Capcom membuat mekanisme spesial untuk menentukan drop rate equipment Charm khusus untuk judul ini. Sederhananya Monster Hunter 3 Ultimate menyediakan 17 drop table/daftar Charm berbeda — yang otomatis ditentukan kepada sebuah save file tergantung dari kapan kamu membuat save tersebut. Begitu kamu sudah membuat save maka karaktermu hanya akan bisa mendapatkan Charm dari salah satu daftar tersebut saja, kamu tidak bisa mengganti daftar tersebut sama sekali.

Berdasarkan pengamatan para pemain, berikut kurang-lebih “paling mudah” daftar drop table yang akan muncul saat kamu membuat save file di tanggal 21/01/2012 pada jam-jam tertentu:

Tentunya tabel akan kembali diputar di luar jam-jam tersebut, namun untuk mendapatkan hasil yang “paling konsisten” kamu bisa mengikuti cara itu. Charm yang kamu dapatkan dari mining juga masih akan drop secara acak, tapi acaknya sesuai isi tabel-tabel barusan. Untuk melihat isi tiap tabel yang menampung ribuan jenis Charm, kamu bisa mengunduh aplikasi Athena’s MH3U Charm Table Search.

Jika kamu bermain dengan kemungkinan atau kesempatan yang diukur oleh probabilitas di dalam game. Kamu mungkin sangat kesal jika hasil probabilitas tidak sesuai dengan yang kamu inginkan. Tak jarang, kamu menyalahkan hoki kamu atau bahkan menyalahkan sistem di dalam game atas apa yang kamu alami. Kemungkinan dan kehokian kamu ternyata ditentukan oleh bilangan probabilitas ini ternyata tidak jarang terjadi di dalam game. Bilangan probabilitas ini disebut juga dengan RNG.

RNG di sini bukanlah tim Dota 2 atau League of Legends melainkan kepanjangan dari Random Number Generator dan merupakan bilangan probabilitas yang menjadi penentu hasil yang kamu dapatkan.

Kemungkinan ini baik berupa critical chance, item drop di dalam game, atau draw yang tidak sesuai dengan yang kamu inginkan.

Pada game kompetitif, menghitung probabilitas ketika bermain tidaklah sesulit menghitung probabilitas untuk mendapatkan skin yang kita harapkan. Perhitungan ini biasanya dilakukan oleh pemain yang memiliki kemampuan bermain di atas rata-rata untuk memperkecil ketergantungan terhadap hoki.

Sebagai contoh, kamu bermain game MOBA dan membeli item-item yang menambah critical chance. Penambahan critical chance ini merupakan cara agar kamu bisa mendapatkan critical damage yang kamu inginkan berdasarkan probabilitas critical. Menghitung chance ini akan sangat membantu kamu untuk memprediksi damage yang kamu berikan kepada musuh. Atau contoh lainnya adalah ketika bermain TGC, pemain biasanya menghitung jumlah kartu dan mengingat kartu yang telah di draw yang bertujuan untuk memprediksi kartu yang akan keluar agar dapat melancarkan strategi untuk mencapai kemenangan.

Sejatinya, RNG bisa membuat hasil sebuah pertandingan jadi tidak menentu. Sekilas ini tentu sangat dibenci di game kompetitif di mana pemain ingin melihat siapa yang lebih baik dalam permainan yang adil dan konsisten. Tidak ada pemain yang mau tiba-tiba kalah karena faktor acak yang tidak bisa mereka kendalikan padahal mereka bermain lebih baik.

Tapi percayalah, jika dikelola dengan baik, hal yang acak dalam sebuah game justru membuat game tersebut tidak hanya menarik untuk dimainkan tapi juga disaksikan.

Baca juga: Arti Smurf di Game Kompetitif

Arti RNG sebenarnya sudah sempat disinggung sekilas dalam pembahasan transparansi RNG, walaupun saya hanya mencantumkan tautan ke halaman Wikipedia. Makan waktu setahun memang tapi pribadi saya merasa penjelasan setengah hati macam itu tidak adil bagi pembaca dan masih belum menjelaskan topiknya dengan lebih mendetail. Karena itu mari kita coba bahas sekali lagi mengenai pemakaian RNG di kancah gaming.

RNG sendiri merupakan singkatan dari Random Number Generator. Sesuai namanya sistem ini dibuat dan dimanfaatkan untuk mencetak sebuah atau sekumpulan angka secara acak. Angka itu buat apa? Sederhananya untuk menentukan hasil suatu “kejadian acak” seperti melempar sebuah koin; apakah yang muncul di atas angka atau gambar?

Akan tetapi untuk mayoritas aplikasi komputasi — termasuk video game — mereka memakai sesuatu yang disebut sebagai pseudo-random number generator. Kenapa pseudo alias semu atau palsu? Ya, karena algoritmanya tidak menghasilkan true random alias angka yang benar-benar acak.

Singkat kata, komputer adalah sebuah mesin yang didesain untuk menjalankan perintah/instruksi tertentu secara kaku. Komputer tidak mampu hanya langsung disuruh untuk “sebutkan salah satu angka dari 1 sampai 100 ngacak!” Agar si mesin bisa memberi tahu kita angka 1 sampai 100, pertama kita harus menyuruh mereka untuk “menyimpan” informasi tersebut (biasa disebut seed), baru komputer bisa memanggil seed tersebut atau salah satu isinya. Contoh paling sederhananya adalah kode JavaScript tutorial W3Schools berikut:

Math.floor(Math.random() * 101)

Math.random() adalah perintah untuk mengeluarkan angka (desimal) antara 0 dan 1. Math.floor() ditambahkan untuk membulatkan hasil. Dan untuk menentukan supaya dia bisa mengeluarkan angka dari 1 sampai 100, digunakan seed “101” (mengambil sampel angka 0 sampai 100). Dibilang random number generator, ya masih random karena kita tidak tahu angka yang keluar apa. Tapi dibilang pseudo karena sudah ditentukan angka yang keluar hanya dalam kisaran 0 sampai 100. Seed sendiri dinamai seed karena sampel itu akan menjadi “benih” bagi pseudo-random number lain untuk “tumbuh”.

Hal yang sama pun sebenarnya terjadi dalam permainan dua buah dadu. Kita sudah tahu angka minimalnya 2 dan maksimalnya 16, tapi yang membuatnya acak adalah bagaimana para dadu berputar.

Ada banyak cara untuk men-generate hasil pseudo-random dengan output yang tampak bagaikan tidak memiliki pola tertentu, seperti melalui teori Linear Congruential random number generator, yang terus-menerus menggabung hasil seed dengan bilangan random number menjadi random number baru sampai akhirnya mengulang sebuah siklus. Atau Mersenne Twister… yang terlalu ribet untuk saya pahami dan jelaskan secara sederhana. Maaf.